Home » Blog » Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan & Tenaga Kerjanya

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan & Tenaga Kerjanya

Tips memilih rangka atap baja ringan – Ketika Anda akan membangun rumah atau merenovasi rumah, hal yang biasa dipikirkan oleh calon pemilik rumah baru adalah menentukan rangka atap yang akan dipasang, salah satu yang paling banyak peminatnya adalah menggunakan baja ringan.

Agar rumah Anda awet dari kebocoran dan kokoh dalam waktu yang sangat lama, Anda harus pintar memilih rangka atap baja ringan yang baik dan tepat untuk rumah Anda. Berikut adalah beberapa tips memilih rangka atap baja ringan untuk rumah Anda.

tips memilih rangka atap baja ringan

Inilah tips memilih rangka atap baja ringan

1. Lihat Produsennya

Semakin pesatnya pembangunan perumahan didukung dengan program pemerintah melalui program rumah untuk rakyat, membuat bisnis baja ringan menggiurkan karena pangsa pasarnya yang cukup luas. Oleh karena saat ini telah banyak beredar berbagai macam merk produk, tapi dari sekian banyak produk yang beredar tersebut tidak semuanya memiliki kualitas dan mutu coating yang standar.

Baja ringan juga bisa diibaratkan sebagai kayu, baja ringan memilki kualitas yang berbeda-beda setiap produsennya, kualitas tentu saja berdampak pada harga baja ringan tersebut. Oleh karena itu sebelum Anda menjatuhkan pilihan menggunakan merk baja ringan, Anda perlu mencari informasi apakah produsen tersebut menghasilkan barang berkualitas atau tidak.

Semakin baik dan besar nama produsen penghasil atap baja ringan, maka kualitas produknya bisa terjamin dan terpercaya dibandingkan dengan nama produsen yang tidak Anda kenal sama sekali.

Salah satu produsen yang telah terkenal menghasilkan produk rangka atap baja ringan yang baik adalah nippon steel (SN) Bluescope Lysaght. Sebaiknya Anda memilih produsen yang memiliki lisensi pada setiap produknya sehingga menjamin kualitas.

2. Material

Material baja ringan yang bisa Anda pilih beragam pilihannya, Anda bisa memilih baja ringan dengan material jelak dan kualitas terbaik. Masyarakat pada umumnya belum tahu standar materlai yang baik dari baja ringan. pada umumnya mereka tahu bahwa baja ringan adalah baja ringan tidak memperhatikan kualitas dari baja ringan tersebut, padahal anggapan seperti itu adalah salah.

Anda harus mengamati atau melihat detail dari baja ringan yang akan Anda pilih, Anda harus teliti dan cermat bagaimana material yang ditawarkan pada baja ringan yang akan Anda beli. Baja ringan memiliki berbagai macam coating / lapisan anti karat. Baja ringan dengan produsen yang baik pasti memperhatikan kualitas yang bagus untuk setiap produknya.

3. Desain

Dalam perencanaan desain rangka baja ringan tidak boleh hanya mengandalkan dari kebiasaan dari tukan pemasang rangka atap baja ringan, tapi juga harus memperhatikan desain yang mampu menghasilkan hasil kerja yang baik.

Pada umumnya tukang gambar atau tukang desain yang baik akan menggunakan software supracadd, software ini digunakan khusus untuk mendesain rangka atap. Dengan adanya software ini maka output desain akan mempermudah pekerjaan di lapangan. Gambar atau output dari software tersebut juga bisa digunakan untuk meninjau apakah pekerjaan sudah sesuai dengan gambar kerja atau belum.

4. Ada kontrol

Kontrol sangat penting di dunia konstruksi, sistem kontrol untuk memastikan bahwa pekerjaan seperti instalasi rangka atap oleh tukang dan perakitan pada prosesnya dilakukan dengan benar. Ketika ada kesalahan maka kesalahan tersebut bisa langsung dideteksi dan diperbaiki. Dengan adanya sistem kontrol maka akan mengurangi resiko human error.

5. Tenaga kerja

Keterampilan, pengalaman dan pengetahuan dari tenaga kerja adalah faktor penting dalam memasang atap baja ringan. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan membaca gambar proyek, sistem instalasi atau pemasangan, memotong baja ringan yang benar, penyekrupan dan finishing. Semua proses tersebut jika dilakukan oleh tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang baik, maka akan menghasilkan rangka atap baja ringan yang berkualitas dari segi pemasangannya.

Setiap tenaga kerja harus memperhatikan cara kerja yang baik, misalnya tahu teknik memotong dan menyekrup yang benar. Misalnya adalah penyekrupan dan penempatan join web, bracing, ikatan angin, ceiling batten dan pengaku yang pada setiap jenis bangunan tidak sama perlakuannya atau memilki alur atau proses kerja yang berbeda.

Baca juga : Tips memilih baja ringan yang berkualitas baik – CV. Sinar Mas

6. Aksesoris

Aksesoris pada rangka atap baja ringan terdiri dari skrup, dinabol dan strapbracing. Pemakaian skrup untuk rangka atap tidak boleh asal pasang, skrup yang beredar di pasaran juga memiliki kualitas yang berbeda-beda. Skrup yang digunakan harus berkualitas, teruji dan memiliki kekuatan untuk mengikat. Skrup pada baja ringan ibarat seperti paku.

Paku ada yang terbuat dari baja yang tidak mudah bengkok dan tidak mudah berkarat, selain itu ada paku yang terbuat dari paku besi yang mudah bengkok dan mudah berkarat, sama halnya dengan skrup, Anda harus menggunakan skrup yang berkualitas dari materialnya.

Skrup rangka atap yang bagus tidak mudah patah, berkarat dan tidak tajam. Skrup yang berkuaitas baik memang memiliki harga yang mahal, tapi akan memilki tingkat keawetan yang bisa dihandalkan sehingga aman untuk rumah Anda.

Demikian Tips memilih rangka atap baja ringan semoga membantu Anda dan mengurangi resiko salah pilih produk yang tidak berkualitas.

Salam Membangun – CV. Sinar Mas Spesialis las | Baja Ringan | Stainless Steel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*