Home » Blog » Syarat dan Biaya Mengurus Izin Mendirikan Bangunan IMB

Syarat dan Biaya Mengurus Izin Mendirikan Bangunan IMB

Syarat dan biaya mengurus izin mendirikan bangunan imb –  Ketika Anda akan membangun property seperti perumahan, rumah, perkantoran, sekolah, pabrik dan lain-lain, maka Anda perlu mengurus surat-surat dan kelengkapan lainnya terlebih dahulu agar pembangunan dapat dimulai. Kita tidak boleh membangun bangunan bangunan begitu saja meskipun Anda telah memilki tanah untuk melakukan kegiatan pembangunan tersebut. Oleh karena itu sebelum memulai proses pembangunan Anda perlu yang namanya IMB (IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN).

Bagi Anda yang belum pernah membangun rumah, tentu Anda bingung bagaimana cara mengurus dokumen IMB ini, apalagi karena kesibukan dengan kegiatan Anda akhirnya diserahkan kepada pihak ketiga atau calo, dengan tidak menggunakan jasa pihak ketiga kita bisa menghemat pengeluaran untuk si calo tersebut. Oleh karena itu Anda harus mengerti syarat-syarat yang diperlukan untuk mendapatkan IMB.

Untuk mengurus Syarat dan biaya mengurus izin mendirikan bangunan imb, Anda harus membawa persayaratan seperti fotocopy rencana gambar beserta denahnya, fotocopy sertifikat tanah, fotocopy pemilik lahan dan bangunan serta surat penggunaan penggunaan lahan, jika tanah yang digunakan bukan milik si pemilik lahan. Berikut detail lengkapnya:

Inilah Syarat dan biaya mengurus izin mendirikan bangunan imb

Syarat Pengurusan IMB Rumah Bangunan Baru

Sebenarnya syarat atau cara mengurus IMB rumah bangunan baru adalah mudah, Anda hanya butuh menyiapkan dokumen-dokumen berikut ini:

  1. Formulir Permohonan Izin IA untuk IMB rumah tinggal yang telah diisi dan ditandatangani materai Rp 6.000
  2. Fotokopi bukti kepemilikan tanah
  3. Untuk surat tanah, Anda harus melampirkan surat pernyataan bahwa tanah yang dikuasai dan/atau   dimiliki tidak dalam sengketa
  4. Fotocopy KTP pemilik rumah (1 lembar)
  5. Gambar konstruksi bangunan minimal 7 set (denah, tampak muka, samping, belakang, rencara utlitas)
  6. Persetujuan tetangga (untuk bangunan berhimpit dengan batas persil)
  7. Bukti pelunasan PBB terakhir
  8. Surat perjanjian penggunaan lahan (jika tanah bukan milik pemohon IMB)
  9. Formulir yang telah dilegalisir dari kelurahan dan kecamatan tempat bangunan akan didirikan
  10. Surat Perintah Kerja (SPK) apabila pembangunan dikerjakan dengan sistem “borongan”
  11. Data hasil penyelidikan tanah bagi yang disyaratkan

Prosedur pengurusan IMB sebelumnya dilakukan oleh Dinas Tata Ruang terkait dan Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B). Namun, sejak akhir Desember 2014 lalu, pengurusan IMB kini dialihkan ke Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BTSP). Sementara, lamanya pembuatan IMB adalah sekitar 20-21 hari.

Biaya pengurusan IMB berbeda untuk setiap kota, kabupaten bahkan daerah. Di Jakarta sendiri, pembuatan IMB terbilang mahal karena di Jakarta sudah sangat penuh dengan bangunan dan sulit untuk mendapatkan tanah kosong untuk membangun bangunan. Berikut adalah penjelasannya:

Perhitungan biaya IMB memperhatikan beberapa poin, yaitu:

  1.   Luas bangunan
  2.   Indeks konstruksi
  3.   Indeks fungsi
  4.   Indeks lokasi
  5.   Tarif dasar

Indeks fungsi digunakan untuk membedakan fungsi dari bangunan, apakah untuk hunian, untuk usaha atau untuk keagamaan. Setiap fungsi punya indeksnya sendiri.

Untuk menghitung berapa biaya IMB rumah Bangunan Baru, gunakan dengan rumus = tarif dasar masing-masing daerah x indeks fungsi x indeks lokasi x indeks konstruksi x luas bangunan.

Sebagai gambaran, tarif dasar pembuatan IMB di daerah Jakarta pada tahun 2012 berkisar di angka Rp 500 per meter persegi. Tapi, harga tersebut bisa berubah apabila luas bangunan sangat besar.

IMB bisa diperbarui jika dalam proses pembangunan rumah ternyata mengalami perubahan atau renovasi yang berdampak pada lingkungan sekitar misalnya adalah perubahan fungsi bangunan dan bentuk. Misalnya awalnya akan dibangun sebagai rumah dan berubah menjadi sebagai ruko atau tempat usaha.

Prosedur Pengurusan IMB Bangunan Baru

Setelah Anda memenuhi syarat administrasi untuk pengurusan IMB bangunan baru atau rumah, Anda bisa langsung mengajukan permohonan IMB kepada pemerintah yang bersangkutan di daerah Anda. Setelah Anda mengisi formulir permohonan IMB, Anda wajib membayar biaya pengukuran. Menurut pengalaman beberapa orang yang pernah mengurus IMB, ternyata besarnya biaya pengukuran berbeda dari daerah satu dengan daerah lain. Tapi, sebagai gambaran, berdasarkan data di tahun 2014, biayak bangunan 60 meter persegi adalah sekitar Rp 1,5 juta. Sebagai informasi, Anda bisa melakukan negosiasi biaya pengukuran kepada petugas terkait. Surat Izin Pengukuran ini biasanya selesai dalam waktu satu minggu.

Usai proses pengukuran selesai, Anda bisa meminta persetujuan atas gambar konstruksi bangunan Anda. Jika gambar konstruksi bangunan disetujui, gambar tersebut dapat dijadikan blueprint untuk acuan pembangunan kedepan.

Setelah seluruh pembayaran selesai dilakukan, Anda telah berhasil mendapatkan Izin Pembangunan (IP). Artinya, Anda diperbolehkan mulai membangun rumah idaman Anda sambil menunggu terbitnya IMB rumah bangunan baru Anda.

Demikian syarat dan biaya mengurus izin mendirikan bangunan imb, semoga bisa membantu Anda yang akan membangun bangunan atau rumah idaman Anda.

Salam Membangun – CV Sinar Mas Spesialis Renovasi Bangunan dan Pengelasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*