Home » Blog » Inilah Jenis Coating Atau Lapisan Anti Karat Pada Baja Ringan

Inilah Jenis Coating Atau Lapisan Anti Karat Pada Baja Ringan

Lapisan anti karat pada baja ringan – Jenis coating atau lapisan anti karat pada baja ringan memilki berbagai macam jenis coating atau lapisan anti karat dengan kadar anti karat yang berbeda-beda tergantung dari kualitas produk baja ringan yang Anda pilih. Materlai baja ringan yang baik semestinya diproduksi oleh produsen yang menghasilkan produk-produk berkualitas. Anda yang ingin menggunakan baja ringan tentu harus tahu kualitas dari baja ringan tersebut, salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas coating atau lapisan anti karat. Berikut penjelasannya.

Inilah Jenis Coating Atau Lapisan Anti Karat Pada Baja Ringan

A. Zincalume

Zincalume merupakan baja lapis zinc (galvanis atau seng) dan alumunium dengan komposisi 55% zinc, 43.5% galvanis dan silicon 1.5%. ketebalan lapisan anti karat dan lapisan zincalume masing-masing 150 gr/m2 dan 100 gr/m2.

Anda bisa mengetahui komposisi ini melalui batang material baja ringan tersebut, pastikan setiap batang baja ringan terdapat dotmatrik zincalume serta jika diamati maka akan terlihat tampilan alumunium yang lebih menonjol pada permukaan baja ringan dibandingkan dengan zinc atau galvanisnya.

Jika yang terlihat adalah lapisan zinc atau galvanis yang lebih menonjol, maka dapat Anda simpulkan bahwa material tersebut tidak sesuai standart. Sehingga komposisinya jadi tidak seimbang seperti penjelasan pada paragraf pertama mengenai zincalume.

Lapisan baja ringan yang baik adalah yang tidak tampak mengkilap/transparan. Jika demikian, maka kadar zincalume tidak mencapai batas minimal 100gr/m2. Kadar material tersebutlah yang akan mempengaruhi kualitas dan harga serta umur keawetan baja ringan yang Anda pilih. Semakin tipis material zincalume maka akan semakin mudah untuk berkarat.

B. Galvanis / Zinc / Seng

Galvanis merupakan baja lapis zinc atau seng dengan kadar 98% – 98.5% galvanis/seng dan 1.5%-2% silicon. Untuk baja ringan dengan lapis galvanis ini menurut badan standarisasi di Amerika atau disingkat ASTM, menganjurkan baja lapis menggunakan lapisan galvanis karena memiliki lapisan anti karat yang lebih tebal yaitu minimal dengan ukuran 220gr/m2. Baja menggunakan lapis sebaiknya lebih tebal karena lapis galvanis/seng lebih mudah berkarat atau korosi dibanding dengan material alumunium.

Tapi jika perbandingan antara alumunium dan galvanis/seng berbanding terbalik dimana seng lebih banyak dan alumunium lebih sedikit serta lapisan coating transparan dibawah 100gr/m2 maka sama saja menggunakan lapisan galvanis pada baja akan lebih mudah korosi. Oleh karena itu produk yang Anda pilih harus memiliki identitas produk yang jelas agar tidak salah pilih.

C. Galvalume

Galvalume merupakan perpaduan antara baja lapis galvanis/zinc dan alumunium, dengan harga yang lebih murah, maka produk dengan material ini banyak beredar di indonesia, oleh karena banyak merk dengan kualitas yang berbeda banyak ditemui saat ini. Baja jenis galvalume banyak berasal dari berbagai negara seperti vietnam, taiwan, china dan thailand, tapi banyak pula produk import ini yang memiliki kualitas yang tidak standar.

Baja jenis galvalume banyak beredar karena bahan baku yang diimpor ini lebih murah jika dibandingkan dengan baja jenis zincalume yang berasal dari dalam negeri. Baja zincalume umumnya diproduksi oleh Bluescoope steel indonesia. Harga murah pada jenis baja ini dipengaruhi oleh lapisan anti karat yang lebih tipis daripada baja jenis lain, selain itu komposisi galvanis atau seng lebih banyak daripada alumunium.

Baca juga : Tips memilih baja ringan yang berkualitas baik – CV. Sinar Mas

D. MAZ

Maz adalah baja dengan lapisan magnesium, alumunium dan zinc. Baja jenis ini merupakan baja terbaik dari ketiga jenis baja diatas, oleh karena itu baja jenis ini harganya lebih mahal dan masih jarang ditemui di indonesia, untuk di indonesia Bluescoope steel indonesia telah memproduksi baja jenis ini dengan nama SuperDyma, dan untuk order baja jenis ini memakan waktu yang cukup lama sekitar 21 hari sejak Anda memesannya, tentu dalam skala besar bukan?

Demikian Lapisan anti karat pada baja ringan, jadi baja ringan juga memiliki beberapa jenis lapisan anti karat yang harus Anda pahami agar Anda tidak salah pilih saat menentukan material untuk properti Anda, sehingga rumah Anda semakin kokoh dan tahan lama.

Salam Membangun – CV. Sinar Mas Spesialis Pengerjaan Las dan Baja Ringan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*